5 Tempat Wisata di Sangihe yang Wajib Dikunjungi

Sangihe merupakan salah satu kabupaten kepulauan di Indonesia. Kabupaten ini beribukota di Tahuna. Kabupaten kepulauan Sangihe berbatasan langsung dengan negara tetanggga Philippina. Bagaikan mutiara di ujung utara Indonesia Sangihe memiliki pesona yang menakjubkan.

Berikut 5 Objek wisata yang wajib dikunjungi di Sangihe:

1. Puncak Pusunge
Puncak Pusunge di Kampung Lenganeng
Puncak Pusunge adalah kawasan perbukitan di kampung pusunge lenganeng kecamatan Tabukan Utara Sangihe. Untuk menuju ketempat ini cukup dengan menempuh waktu sekira 30 menit dari Kota Tahuna. Pemandangan pulau Sangihe dapat dilihat 360 derajat. Di bagian utara kita dapat melihat pemandangan gugusan pulau-pulau Tinakareng, sebelah Barat Gunung awu dan pemandangan sunset, sebelah selatan Kota Tahuna dengan teluknya yang indah dan sebelah timur pemukiman kampung Lenganeng. Anda dapat menikmati Hawa sejuk sambil ditemani kopi hangat dengan pisang goreng sambal dabu-dabu khas Sulawesi utara. Puncak indah lainnya: Puncak karuka di Pulau Batunderang, Puncak Malamenggu, Gunung Sahendarumang, Bongkong Sio Sesiwung, Puncak Bango Kahakitang, Bowong Banua Sowaeng, Puncak Lose dll.
2. Pantai Pananuareng
Pantai Pananuareng

Pantai Pananuareng adalah salah satu pantai favorit dari begitu banyak pantai-pantai cantik yang ada di Sangihe. Pantai ini berlokasi di kampung Tariang baru kecamatan Tabukan Tengah Sangihe. Waktu yang ditempuh untuk menuju ke sini sekira 1,5 jam dari Pusat Kota Tahuna. 

Pantai-pantai cantik lainnya adalah: Pantai Embuhanga, Pantai Kasaraeng, Pantai Bado, Pantai Marahi Salurang, Pantai RiaPantai Kahumata, Pantai Raja, Pantai Daraeng, Pantai SapaengPantai Enggohe, Pantai Angges, Pantai Banala, Pantai Paghulu, Pantai Kapehetang, Pantai Sehang, Pantai Mawira, Pantai Enemanandu, Pantai Desawang, Pantai Apentana, Pantai Pampakilang, Pantai Masing, Pantai Dano, Pantai Mangareng, Pantai Salise, Pantai Lembawua, Pantai Tiude, Pantai Belebirang
Pantai Hiung, Pantai Sororai, Pantai Lantehe, Pantai Mala, Pantai Kahanggaeng, Pantai Mategi, Pantai Dolosan, Pantai Tawarang, Pantai Kalama dll

3. Pulau Mendaku dan Dakupang
Pulau Mendaku
Pulau Mendaku dan Pulau Dakupang adalah dua pulau yang berdekatan dan termasuk dalam wilayah adminstrasi kecamatan Manganitu Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe. Bagi yang gemar Snorkling dan Diving tempat ini menawarkan pesona bawah laut yang sangat kaya. Beberapa wisatawan mengatakan Mendaku adalah Bunakennya Sangihe. Sangihe kaya akan keanekaragaman hayati laut sehingga  banyak Spot diving yang lain yang dapat dikunjungi. antara lain: Gunung api bawah laut Banua Wuhu di Pulau Mahegetang, Spot Pintu Kota yaitu Bekas kapal tenggelam di lokasi pelabuhan Tua Tahuna, Kota yang Hilang di Maselihe kecamatan Kendahe, Napo Para, Napo Nenung, Sea Grass Mahumu, Poa, Liang, Nitu, Kahakitang, Kalama, Bebalang, Batunderang, Nusa, Ruang Nadine di Pulau Bukide, Enempahembang, Lesa, Batuwingkung, Tehang dll.
4. Kawasan Boulevard Tahuna
Sunset di Boulevard Tahuna

Boulevard Tahuna adalah suatu kawasan jalur alternatif berupa jalan raya samping pantai yang menawarkan pesona teluk Tahuna. Barisan rumah makan menawarkan aneka jajanan terlihat di kawasan ini. Bagi yang suka Seafood ikan bakar dabu-dabu kangkung Cah.. Boulevard Tahuna adalah tempatnya. Rumah makan yang menawarkan ikan bakar Sea food antara lain; RM. Selera Bahari, RM. Tepi Laut, RM. Sunset dan RM. Paradise. Aneka jajanan berbagai jenis juga terdapat di kawasan kuliner ini. Disore hari tinjauan Sunset yang sempurna menjadi konsumsi harian yang romantis. dan di pagi hari dapat menjadi arena joging dengan melewati ikon jembatan Boulevard muara Towo'e dan pelabuhan terapung.

Kuliner khas Sangihe yang patut dicoba: Mie Che, Kabola, Ongol-ongol, Karame, Tapopol, Sayor luhu, Sagu dange with Ikan bakar, Kuah Asam,Pisang Goroho, Bagea, Bangket, kue Gulung/Kipas, Babengka, Paporcis, Bahundak , Namu-namu, Lunggi-lunggi, Sagu Porno campur Kelapa with Gula Merah, Panada Ubi dll
5. Air Tejun Sura Kakewang

Air Terjun Sura Kakewang

Bagi yang suka petualangan dan wisata alami Air Terjun. Sura kakewang adalah destini yang wajib dikunjungi. Lokasi air terjun di berada di kecamatan Kendahe Sangihe. dari jalan raya kita harus melewati perkebunan dengan durasi tempuh sekira 1 jam.Dikecamatan Kendahe juga terdapat Air tejun Pempanikiang yang memiliki karekateristik yang mirip namun memiliki keindahan tersendiri. 

Air terjun lain yang tak kalah menarik adalah Air Terjun Kadadima, Air Terjun Basauh, Air terjun Batuputih, Air Terjun Bala Apapuhang, Air Terjun ngurah lawo, Air Terjun KauhisAir Terjun PuirangAir Terjun Mangki, Air Terjun Tedunang, Air Terjun Mandoi, Air Terjun Malisade  dll.

Oleh: Syarta

12 komentar:

  1. Lestarikan pulau kita tercinta

    BalasHapus
  2. Lestarikan pulau kita tercinta

    BalasHapus
  3. Jaga dan lestarikan budaya kita....

    BalasHapus
  4. Jaga dan lestarikan budaya kita....

    BalasHapus
  5. admin bisa minta foto-foto tempat wisata di sangihe??
    soalnya buat bikin sistem informasi wisata sangihe berbasis mobile.
    apa lagi yg pulau2 kecil.
    soalnya pas searching kualitas fotonya blm HDR smua.
    thank u sebelumnya.
    :D :D

    BalasHapus
  6. pengen sekali mengunjungi tempat wisata di sangihe walaupun jauh sekali.
    tempat wisata surabaya

    BalasHapus
  7. artikel nya bagus saya secara pribadi sangat menyukai nya....
    live draw sydney
    live draw sgp
    live draw hk

    BalasHapus
  8. nggak nyangka keindahannya nggak kalah dengan pantai 0 pantai di pulau jawa.
    pantai banyu tibo

    BalasHapus
  9. Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat sekali. Kunjungi website kami untuk info menarik tentang ikan dan memancing http://bit.ly/2wfsXyj

    BalasHapus
  10. Ayo Gabung bersama kami di DOMINO206(.)net
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer
    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.
    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    - domino206.net
    - dominopelangi.net
    - pelangidomino.com

    Bank: BNI, BCA, BRI, MANDIRI dan DANAMON
    Pusat Game:Bandar66|BandarQ|AduQ|Bandarpoker|CapsaSusun|
    Domino99|Poker|Bandarsakong|

    $$$$ DOMINO206.NET $$$$
    #Poker
    #AduQ
    #BandarPoker
    #BandarQ
    #CapsaSusun
    #Domino99
    #Sakong
    #Bandar66
    #DPMinim
    #WDBesar

    BalasHapus
  11. Hot Promo Edenpoker, Bonus NEW MEMBER Rp.10.000,- + Bonus DEPOSIT 5%
    Nikmati promo menarik Edenpoker .co
    - Minimal deposit da withdraw Rp.15.000,-
    - Bonus Rollingan 0,3 - 0.5%
    - Bonus New Member RP.10.000,-
    - Bonus Deposit 5%
    - Bonus referral sebesar 10% seumur hidup
    Nikmati juga JACKPOT hingga Ratusan Juta Rupiah.
    Ajak temanmu sebanyak mungkin untuk bermain di Edenpoker, dan dapatkan 10% BONUS REFERRAL...
    Jadi Tunggu Apa lagi... Ayo Daftar Sekarang Juga,Ajak Teman-teman Kalian Dapat Bonus Juga.Poker Pelayanan Cepat dan Baik. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Customer Service kami di :

    WA : +855 7863 3569

    LINK : WWW. Edenpoker .co

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .BET

    LINK ALTERNATIF : WWW. Edenpoker .CO .

    BalasHapus
  12. Terimakasih atas artikelnya, sangat berguna. Selamat atas blog yang bagus. MENGENAL NIHI SUMBA TEMPAT BULAN MADU JENNIFER LAWRENCE

    BalasHapus