Realisasi Tol Laut di TAHUNA

 


Trayek Tol Laut Makassar. Suasana kapal general cargo pengangkut pada peluncuran perdana trayek 5 Gerai Maritim mendukung tol laut di pelabuhan penumpang Soekarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (12/5/2016). Kapal tersebut akan berlayar melewati trayek penugasan pemerintah (T5) menjelajahi Makassar, Tahuna, Lirung, Morotai, Tobelo, Ternate, dan Babang dengan mengangkut sejumlah bahan pokok ke daerah terpencil di Indonesia Timur. (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)
 Rute tetap KM Caraka 32 yaitu Makassar-Tahuna-Lirung-Morotai-Tobelo-Ternate-Babang (PP)."

Sangihe (ANTARA News) - Program Pemerintahan Jokowi-JK menghadirkan Tol Laut terwujud dengan Kapal Motor (KM) Caraka Jaya Niaga III - 32 milik PT Pelni sandar di Pelabuhan Tahuna, Kabupaten Sangihe, Sulawesi Utara, Selasa.

Kapal yang dihadirkan pemerintah sebagai realisasi janji Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (1/5) saat berkunjung ke Tahuna.

Kehadiran KM Caraka 32 diterima secara adat oleh pemerintah Kabupaten Sangihe di wakili Sekda Edwin Roring.

Nahkoda Jarot Wibowo mengatakan, Kapal berangkat dari Makassar Kamis malam langsung ke Tahuna dengan kecepatan 7,5 knot.

"Rute tetap KM Caraka 32 yaitu Makassar-Tahuna-Lirung-Morotai-Tobelo-Ternate-Babang (PP)," katanya.

Setiap 21 hari kapal kembali lagi ke Pelabuhan Makassar. Demikian juga pelabuhan-pelabuhan yang lainnya.

Kadis Perdagangan dan Koperasi Sangihe Olden Lahamendu mengatakan KM Caraka 32 membawa 43 kontainer untuk diturunkan di pelabuhan Tahuna.

Kontainer yang diturunkan di Tahuna berisi gula putih, semen putih, terigu, beras serta bahan kebutuhan masyarakat lainnya yang selama ini harganya sangat mahal di Tahuna.

Dengan kehadian Tol Laut ini, lanjutnya, semua harga bahan kebutuhan masyarakat pasti akan mengalami penurunan sehingga meningkatkan daya beli masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Sangihe melalui Sekda Edwin Roring menyampaikan terima kasih kepada Pemerintahan Jokowi-JK yang sudah merealisasikan Tol Laut untuk masyarakat Sangihe.

"Mewakili pemerintah dan masyarakat Sangihe, kami menyampaikan terima kasih kepada pak Jokowi dan Pak Jusuf Kala yang sudah merealisasikan program Tol Laut di Sangihe," ucapnya.
Editor: B Kunto Wibisono

sumber: http://www.antaranews.com/berita/561488/km-caraka-realisasikan-tol-laut-di-tahuna-sulut

0 komentar:

Posting Komentar