Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Awu Siaga

Foto: musfarayani.wordpress.com
JAKARTA - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho menyatakan status Gunung Awu di Tahuna Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) naik status dari Waspada (level II) menjadi Siaga ( level III). Hal itu mulai berlaku pada hari ini sekira pukul 12.00 Wita.
“Sehubungan dengan peningkatan aktivitas vulkanik secara signifikan selama satu minggu terakhir pada gempa vulkanik di Gunung Awu, maka untuk menghindari kejadian letusan mendadak yang membongkar kubah lava Awu maka status Gunung Awu dinaikkan,” kata Sutopo dalam siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (12/5/2016).
Sutopo mengimbau daerah yang direkomendasikan berbahaya harus dikosongkan. “Jadi yang semula di dalam radius 3 kilometer diperluas menjadi 4 kilometer," katanya.
Kendati demikian, hingga saat ini belum ada permukiman penduduk yang perlu dievakuasi di wilayah Gunung Awu. Pasalnya, permukiman terdekat berada di radius 5-7 kilometer dari puncak kawah.
Dari pengamatan secara visual, keadaan kawah puncak belum menunjukkan baik kepulan asap maupun abu. Kenaikan status Siaga ini sebelumnya telah dilaporkan oleh Kepala PVMBG kepada Kepala BNPB dan BPBD Provinsi Sulawesi Utara.
Kepala BNPB, Willem Rampangilei, telah memerintahkan Posko BNPB untuk melakukan pemantauan aktivitas Gunung Awu dari PVMBG. Sedangkan BPBD diminta agar menyiapkan langkah-langkah antisipasi jika ada perkembangan lebih lanjut dari aktivitas vulkanik.
Dari 127 gunung api aktif di Indonesia, Sutopo menyimpulkan ada satu gunung api dengan status Awas, dua status Siaga dan 17 dengan status Waspada. Satu gunung status Awas yaitu Gunung Sinabung yang sudah berlaku sejak 2 Juni 2015 hingga sekarang. Dua gunung api dengan status Siaga yaitu Gunung Lokon dan Gunung Awu.
Sedangkan 17 gunung dengan status Waspada yaitu Gunung Soputan, Karangetang, Kie Besi, Bromo, Egon, Raung, Gamalama, Sangeangapi, Rokatenda, Ibu, Gamkonora, Papandayan, Semeru, Anak Krakatau, Marapi, Dukono, dan Kerinci

Sumber: http://news.okezone.com/read/2016/05/12/340/1387014/aktivitas-vulkanik-meningkat-gunung-awu-siaga

0 komentar:

Posting Komentar