Situs Bersejarah Ake Banua Terancam Digusur.


Ake Banua [13-Mar-2016]
KOTA TAHUNA. Perkembangan Kota Tahuna dan umumnya Kabupaten Kepulauan Sangihe  berjalan begitu pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pembangunan infrastruktur dimana salah satunya adalah Peninggian Jembatan dan Pelebaran Jalan. Hal ini memberi dampak keberadaan Situs Ake Banua yang persis berada di samping Jalan antara Kota Tahuna dan Manganitu terancama di gusur. 

Posisi Ake Banua persis disamping Jalan [13-Mar-2016]
Ake Banua merupakan situs bersejarah yang tak mungkin dilupakan. Bagi sebagian besar penduduk Sangihe khususnya yang bertempat tinggal di bagian  selatan dari Kota Tahuna seperti Kecamatan Manganitu, Manganitu Selatan, Tamako dan Tabukan Selatan tengah dan Tenggara keberadaan Ake Banua dimasa lampau sangat berarti karena merupakan tempat persinggahan untuk menghilangkan dahaga perjalanan. Ake Banua adalah sumber mata air yang walaupun dimusim kemarau panjang masih tetap saja mengalirkan airnya bahakan kondisi masih berlaku sampai sekarang dimusim kemarau panjang yang lalu dimana sungai-sungai sudah mengering, Ake banua tetap meluberkan air jernihnya.
Proyek Pelebaran Jalan yang terhenti di ke Banua [13-Mar-2016]
Dengan diadakannya pelebaran jalan, diharapkan dapat diperoleh solusi kongkret bagaimanapun untuk tetap dapat mempertahankan warisan sejarah dan tentunya keberlanjutan sumberdaya alam yang unik ini. (syarta)

0 komentar:

Posting Komentar